Monday, May 2, 2022

"The Cooking Gene" Michael Twitty Membuat Saya Bangga dengan Silsilah Kuliner Saya

Kisah ini adalah bagian dari kolaborasi Juneteenth kami dengan Eat the Culture, di mana kami mengajak para penulis dan juru masak untuk membagikan “surat cinta” kepada penulis buku masak Hitam favorit mereka.

Saat itu Maret 2021, dan meskipun saya lelah terus-menerus menggunakan Zoom setelah Zoom untuk bekerja, ketika saya mendengar bahwa Michael W. Twitty mengadakan lokakarya virtual 3 hari di mana kami menjelajahi hubungan kuliner antara Afrika Barat dan Tengah dan Amerika Selatan, saya mendaftar tanpa ragu-ragu.

Saya tidak tahu apa yang diharapkan dari sesi ini dan sedikit gugup. Namun, malam pertama kelas, semua kegelisahan itu hilang dan setiap sesi setelahnya menjadi lebih baik dan lebih baik. Saat-saat yang paling saya ingat adalah ketika Twitty akan menyebutkan subjek atau makanan atau skenario dan orang-orang kulit hitam di kelas mulai bergabung di obrolan Zoom dengan tanggapan yang berbeda-apakah itu untuk menandatangani bersama dengan peserta lain, memberikan penegasan dengan mengatakan “Ase”, atau meneriakkan kesamaan dari sekian banyak hidangan nasi kita. Meski virtual, rasanya seperti bertemu sepupu lama yang hilang. Itu adalah gen memasak.

Gen dapat didefinisikan sebagai hal-hal biologis yang diturunkan dari induk ke keturunannya dan mengandung kode yang membentuk sifat-sifat tertentu. Saya selalu mengatakan bahwa saya mewarisi kecintaan memasak dari Nenek Octavia saya, dan dia—bersama dengan keluarga lain dan keluarga besar—telah menjadi kekuatan penting dalam cara saya memandang makanan dan budaya makanan. Makanan lebih dari sekedar untuk kesejahteraan fisik kita; ia memiliki kekuatan untuk memengaruhi kita pada tingkat emosional dan seluler.

Saya selalu tertarik pada sejarah makanan, sejarah keluarga saya yang berkaitan dengan makanan, dan sejarah makanan Selatan dan bagaimana hubungannya dengan orang kulit hitam Amerika. Dan ini bukan hanya tentang persiapan makanan tetapi juga persekutuan—resep-resep yang telah dimasak secara turun temurun, cerita yang berasal dari gosip yang terjadi selama pembuatan resep tersebut, dan komunitas yang dibudayakan.

Ketika saya memulai blog saya, Savor and Sage, saya ingin berbagi bagaimana masakan yang penuh perasaan dan masakan Selatan jauh melampaui apa yang biasanya digambarkan dalam budaya populer. Saya ingin menunjukkan bahwa itu mewujudkan perpaduan yang lezat antara kesederhanaan dan kerumitan, tekstur, dan hidangan yang penuh rasa dengan akar yang dalam di diaspora Afrika. Saya tidak tahu bagaimana saya akan memulai perjalanan ini, ke mana arahnya, atau apa yang akan saya lakukan dengan informasi itu. Sejujurnya itu terasa sedikit menakutkan, tetapi saya bisa merasakan di tulang saya itu adalah sesuatu yang perlu saya lakukan.

“Makanan lebih dari sekadar untuk kesejahteraan fisik kita; makanan memiliki kekuatan untuk memengaruhi kita pada tingkat emosional dan seluler.”

Saya tidak ingat resep pasti dari Nenek saya, saya sedang meneliti untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarahnya, tetapi pencarian itu membawa saya ke Michael Twitty dan bukunya “The Cooking Gene: A Journey Through African American Culinary History in the Old South” dan memerintahkannya segera. Saya tidak sabar untuk menggigit buku ini dan ketika akhirnya tiba, saya langsung masuk dan dengan cepat mengetahui bahwa inilah yang saya idamkan.

“The Cooking Gene” diisi dengan sejarah yang tidak Anda pelajari di sekolah. Itu membawa kembali kenangan percakapan yang saya ingat menyela, di mana saya akan menguping percakapan “orang dewasa”. Itu berbagi resep yang terlupakan yang saya dengar dibicarakan oleh para tetua. Ini memusatkan seni bercerita lisan. Ini menjalin interseksionalitas makanan, politik, kesehatan, dan kondisi sosial lainnya. Ini adalah menceritakan kisah nenek moyang kita dengan cara yang belum pernah diceritakan sebelumnya.

Menemukan buku ini tepat ketika saya mulai menjadi lebih tertarik pada cara memasak generasi keluarga saya adalah waktu yang tepat. Perjalanan kuliner Twitty yang terdokumentasi dalam “The Cooking Gene” lebih merupakan buku sejarah dengan resep-resep terselip di seluruh dan mengartikulasikan sejarah bertingkat makanan Hitam—makanan Amerika—dipenuhi dengan kegembiraan dan juga diwarnai dengan rasa sakit. Twitty menulis tentang dualitas ini dengan indah dan menantang kita untuk tidak berpaling dari masa lalu, tetapi untuk bercakap-cakap tentang perubahan, kesetaraan, penyembuhan, kegembiraan, dan bangga dengan garis keturunan makanan kita. Dalam kutipan bukunya ia menulis:

Pengakuan penuh: Saya tidak memihak dan tidak memihak. Saya datang ke layanan silsilah genetik bukan untuk kecewa atau kembali ke apresiasi yang samar-samar terhadap warisan saya. Saya di sini untuk menggunakan teknologi yang sedang berkembang untuk memilah-milah apa yang bertahan dari sejarah untuk menggali pemahaman yang lebih lengkap tentang asal-usul saya dan kisah keluarga saya. Saya tidak menyesal dengan antusiasme saya, tetapi saya juga berhati-hati karena saya merasa perlu untuk melindungi integritas sejarah.

Yang saya inginkan hanyalah resep tentang siapa saya dan dari mana saya berasal.

Twitty adalah griot kuliner, dan telah menjadi inspirasi besar dalam perjalanan kuliner saya yang pada akhirnya melampaui memasak makanan. Dia membantu saya merangkul sejarah keluarga saya, menghormati kerabat yang belum pernah saya kenal dan mereka yang mungkin tidak akan pernah saya temui, dan menikmati hubungan Black food di seluruh diaspora dan sekitarnya. Twitty menegaskan apa yang saya tahu selama ini: makanan kita memiliki masa lalu yang rumit, ada trauma generasi yang kita hadapi, dan melalui semua itu ada banyak hadiah generasi (makanan) yang telah diberikan nenek moyang kita kepada kita. Saya akan selamanya dengan berani dan tanpa penyesalan bangga akan warisan leluhur itu, gen memasak.

No comments:

Post a Comment

Omelet dalam Mug

  Memasak Telur di Microwave Teman-teman, saya punya cara favorit baru untuk memasak telur—dalam cangkir, dalam microwave. Tidak bercanda.  ...